Selamat Datang di Blog yang membahas berbagai masalah seputar multimedia

Kamis, 25 Februari 2010

Dominasi produk media pembelajaran oleh Macromedia

Banyak software yang bisa digunakan untuk membuat sebuah produk media pembelajaran berbasis multimedia, tidak terkecuali Microsoft dengan Power Point-nya. Akan tetapi berdasarkan berbagai penelusuran penulis, baik dengan membeli produk media pembelajaran berupa CD Tutorial, maupun dengan mendownload secara gratis, rata-rata produk-produk media pembelajaran berbasis multimedia ini dibangun menggunakan software produk dari Macromedia, yang menurut kabar, sekarang ini perusahaan Macromedia telah diambil alih oleh Adobe.
Ada berbagai macam produk dari Macromedia, di antaranya :
  1. Macromedia Authorware
  2. Macromedia Captivate
  3. Macromedia Director
  4. Macromedia Dreamweaver
  5. Macromedia Fireworks
  6. Macromedia Flash
Mungkin masih banyak lagi produk Macromedia lainnya, tapi 6 produk di atas yang penulis pernah coba.
Baik melalui blog ini saya akan mencoba menjelaskan satu persatu kegunaan dari 6 produk Macromedia di atas.
  1. Macromedia Authorware, efektif digunakan untuk membuat berbagai bentuk media pembelajaran.
  2. Macromedia Captivate, sama juga efektifnya seperti Authorware, yakni untuk membuat media pembelajaran, dan di Captivate ini ada fasilitas untuk merekam kejadian pada screen.
  3. Macromedia Director, sesuai dengan namanya Director (pengatur/sutradara), dengan Direktor ini kita bisa menjalankan berbagai aplikasi seperti efek-efek gambar, suara, animasi, video yang pembuatannya masing-masing menggunakan program/software yang berbeda-beda.
  4. Macromedia Dreamweaver, ini adalah software yang ahli untuk membuat website, baik yang statis maupun yang dinamis.
  5. Macromedia Fireworks, software ini mirip dengan Photoshop, yang digunakan untuk mengolah gambar dan mengolah foto dalam berbagai kreasi.
  6. Macromedia Flash, ini software ahlinya membuat animasi. Keistimewaan dari software ini adalah kalau tidak salah mulai versi 5 sampai versi 8 telah menggunakan bahasa pemrograman berbasis Java yang disebut dengan Actionscript. Dengan actionscript ini bisa digunakan untuk membuat berbagai simulasi-simulasi, dan bisa juga untuk membuat sebuah program game, film kartun, dan sebagainya.
Jadi kalau diperhatikan produk Macromedia ini sesuai namanya adalah ahli di bidang media, yang tentunya mendominasi semua bentuk produk yang berkaitan dengan media, baik untuk media pendidikan, media promosi atau iklan, cd interaktif, company profile, dsb.
Hal penting yang harus diperhatikan, untuk menghasilkan sebuah produk multimedia yang baik, perlu juga penguasaan program-program lainnya yang segaris, seperti untuk keindahan tampilan memerlukan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, juga produk-produk lain untuk audio dan video.
Pada blog ini saya akan menyajikan berbagai tips dan trik seputar multimedia, yang berkaitan erat dengan 6 produk macromedia di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar